Manfaat dari Mendengarkan Musik Klasik

Mendengarkan musik klasik ternyata memiliki banyak manfaat baik itu bagikesehatan mental dan jiwa serta memiliki efek yang menenangkan. Selain itu mendengarkan musik klasik sejak usia sedini mungkin dapat membantu

perkembangan otak terutama daya nalar dan perkembangan bahasa. Berikut ini beberapa manfaat unik dari musik klasik:

  1. Pada tahun 2004 di London, Inggris, Polisi Transportasi Inggris memutar musik klasik di stasiun London dan di beberapa daerah pemukiman paling berbahaya. Setelah memperdengarkan musik klasik selama enam bulan:
  • Perampokan menurun sebesar 33 persen
  • Penyerangan staf menurun sebesar 25 persen
  • Vandalisme turun 37 persen

Hal ini bukanlahpertama kali digunakan untuk mencegah kejahatan. Pada tahun 2001, polisi di West Palm Beach, Florida memasang CD player dan speaker pada sebuah bangunan dalam lingkungan penuh dengan kejahatan. Setelah memainkan musik klasik terutama Mozart, Bach dan Beethoven – 24 jam sehari selama sekitar tiga bulan, penembakan, pencurian, gelandangan dan transaksi obat menurun.

 

  1. Pengacau bubar

Sebuah jaringan supermarket di Inggris juga menggunakan musik klasik untukmenghentikan kelompok-kelompok pemuda yang berkumpul di luar toko mereka. “Memang sebagian besar mudah mendengarkan musik yang kami mainkan seperti Bach, Tchaikovsky, Vivaldi dan Mozart. Ini adalah sebuah konsep baru, tetapi bekerja dengan sangat baik” kata manajer regional pencegahan kehilangan Steve Hogarth. Setelah memainkan musik klasik di bagian depan toko, laporan onar dan graffiti secara dramatis berkurang. “Fakta bahwa pemuda bergerombol di luar toko bukanlah sebuah kejahatan, namun persepsi di antara staf dan pelanggan tindakan tersebut dirasakan seperti mengintimidasi. Sepertinya menjadi ‘kurang keren’ sebagai tempat berkumpul jika ada musik klasik, “kata Hogarth.

 

  1. Meningkatnya Produksi Susu Sapi

Psychiater Universitas Inggris, menemukan bahwa memperdengarkan musik klasikringan kepada sapi perah bisa membantu meningkatkan produksi susu mereka.Namun, musik modern tertentu yang memekakkan telinga ternyata tidak membawaefek apapun. Doktor itu mengatakan, musik yang nyaman dan ringan tersebut bisameningkatkan produk susu barangkali adalah karena mereka bisa mengurangistress dari sapi perah.Sebagian peternak ayam sudah mengadopsi cara pemutaran musik untukpeningkatan produksi. Dahulu, juga ada bukti menunjukkan bahwa musik bisamengurai stress pada ayam.

 

  1. Meningktnya Pertumbuhan Tanaman

Musik klasik mempercepat tanaman berbunga, sudah diteliti di luar negeri sejak lama.Pernah dilakukan eksperimen sebagai berikut: Faktor yang barangkali bisamempengaruhi pertumbuhan tanaman seperti temperatur, kelembaban,pencahayaan dan lain-lainl di dalam lima buah kamar, diatur sesuai dengan kondisi yang saama, kemudian pada masing-masingnya ditempatkan tanaman yangmengandung kadar air dan tingkat kesuburan tanah yang sama?Satu-satunya yangberbeda ialah di dalam lima kamar tersebut diputar musik yang berlainan,masing-masing ialah: musik rap, musik pedesaan, musik klasik, musik pop dankamar terakir sama sekali tidak ada musik.

Hasil eksperimen menunjukkan, pertumbuhan tanaman di dalam kamar ber-musikklasik pertumbuhannya terbaik, yang terjelek ialah tanaman yang berada di dalamkamar dengan musik rap. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman ialah,ritme musik rap kacau balau, musiknya kekurangan garis berkesinambungan, sulit diciptakan keadaan stabil dan nyaman yang memungkinkan tanaman yang bisabernafas itu tumbuh; penampilan musik klasik ialah musik yang teratur, tertib danharmonis, setiap mahluk berjiwa dengan demikian dapat terimbas, tumbuhnya akanlebih bagus.

 

  1. Meningkatnya Penjualan Makanan Dan Minuman

Sebuah penelitian di universitas di Inggris menunjukkan, musik bisa mempengaruhikegemaran orang akan makanan, jikalau di ruang makan diputarkan musik klasik,pelanggan bisa membeli lebih banyak, jikalau diputarkan musik pop atau tanpamusik, maka konsumsi pelanggan jelas menjadi berkurang.Doktor psychiater memimpin regu penelitian, melakukan pengamatan selama 3minggu pada sebuah restoran di Inggris tengah. Mereka menemukan, irama musikyang halus dan mengalun indah dari Bach dan Mozart membuat pelanggan relamerogoh koceknya lebih dalam; akan tetapi apabila diputarkan si manis BritneySpears atau karya pop yang sedang ngetrend, maka pelanggan rata-rata mengeluarkan biaya lebih sedikit; jikalau tanpa musik, maka pengeluaran merekabahkan lebih sedikit lagi.Doktor menyatakan, musik klasik menitik-beratkan pada isi, membuat orangmerasakan sebersit keagungan maka rela membeli salad pembuka selera, cake dankopi dan lain-lain menu serba mahal.

 

About julvengenz01

I Love Avenged Sevenfold.

Posted on 5 Februari 2012, in Keajaiban Musik Klasik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: